Distributor Beras Indramayu

Awal Tahun, Empat Kecamatan Panen Padi di Luwu


Distributor Beras Indramayu - Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu  Sulawesi Selatan, Jumat sore  (19/1/2018) memasuki masa panen awal tahun 2018. Keempat kecamatan tersebut masing masing Kecamatan Bua,  Kecamatan Suli, Kecamatan Bajo dan Kecamatan Larompong.

Distributor Beras Indramayu


Dari empat kecamatan yang mengalami musim panen tersebut,  terdapat seribu hektar lahan sawah dengan serapan gabah kering panen mencapai 6 ribu ton.

Masa panen awal petani di Luwu  menjadi penyumbang tambahan pasokan beras untuk menghadapi kekhawatiran akan terus naiknya harga beras di pasaran  akibat kurangnya pasokan beras yang masuk di pasar.

Distributor Beras Indramayu


Beras Sae - Menurut petani Jasri, di Desa Lare Lare, Kecamatan Bua, mengatakan bahwa produksi padi tahun ini berkurang dari sebelumnya akibat faktor hama dan cuaca yang menyebabkan jadual tanam bergeser atau mundur dari jadual tanam yang telah direncanakan para petani  sebelumnya.

Distributor Beras Indramayu


"Biasanya dalam satu hektar dapat 7 sampai 9 ton per hektar, namun kali ini hanya bisa dapat 6 ton per hektar, akibat debit air berkurang, dan adanya serangan hama," ujarnya

Sementara itu, Penyuluh pertanian Kecamatan Bua, Abdullah, mengatakan bahwa produksi menurun karena pergeseran musim tanam terjadi akibat faktor cuaca.

Distributor Beras Indramayu


"Faktor utama yang terjadi di tingkat petani sampai terjadi penurunan produksi karena iklim dan serangan hama penyakit yakni hama tikus dan penggerek batang," katanya.

Distributor Beras Indramayu


Lanjut Abdullah bahwa pihak Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) kecamatan Bua terus melakukan pembinaan terhadap petani tidak mengalami gagal panen.

Distributor Beras Indramayu


" Agar petani tidak mengalami gagal panen dan produksi padi petani meningkat, pihak BPP terus melakuka pembinaan intensif  mengingat faktor cuaca dan hama menjadi kendala petani setiap tahunnya di luwu  yang menyebabkan menurunnya produksi," jelassnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produksi Beras Indramayu

Pabrik Beras Indramayu

Harga Beras Indramayu